Jumat, 03 Juni 2011

Design and Analisys Algoritm (Rancangan dan Analisa Algoritma) pertemuan 1

0

1.    Pendahuluan
Algoritma memegang peranan penting dalam bidang pemrograman. Sebegitu pentingnnya suatu algoritma, sehingga perlu dipahami konsep dasar algoritma. Apalagi untuk seorang programer, tentu diperlukan suatu algoritma sehingga dapat membuat program yang lebih efektif dan efisien. Bagi kebanyakan orang, algoritma sangat membantu dalam memahami konsep logika pemrograman.
Algoritma adalah kumpulan instruksi yang dibuat secara jelas untuk menunjukkan langkah – langkah penyelesaian suatu masalah. Pada umumnya algoritma kurang lebih sama dengan suatu prosedur yang sering dilakukan setiap hari, misalnya prosedur untuk membuat kue, dan lain – lain.
Dalam bidang komputer, misalnya EDP (Elektronik Data Processing) atau MIS (Management Information System), algoritma sering dimanfaatkan untuk menyelesaikan suatu masalah atau untuk proses pengambilan keputusan. Seorang sistem analis (analyst system) tentunya menggunakan algoritma untuk merancang suatu sistem. Bagi seorang programmer, algoritma digunakan untuk membuat modul – modul program.
Guna memahami suatu algoritma, harus dimiliki pengetahuan dasar matematika karena pada dasarnya algoritma lahir dari konsep logika matematika. Di sini yang perlu dilatih adalah kemampuan logikanya agar benar – benar bisa menyusun langkah – langkah penyelesaian masalah dengan baik.
Dalam buku ajar ini, disajikan konsep dasar dan analisis algoritma. Pada bagian konsep dasar dibahas komponen utama, desain, dan contoh pembuatan. Selanjutnya, untuk mendapatkan algoritma yang efisien serta mendapatkan rumusan matematika sebagai urutan kerumitan (kompleksitas) maka dibahas analisis algoritma dengan menggunakan notasi O ( big O ).






0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by ThemeShift | Bloggerized by Lasantha - Free Blogger Templates | Best Web Hosting