Kamis, 22 September 2011

ADBO (Analisis dan Desain Berbasis Objek) Pertemuan 1

0


Assalamualaikum Wr. Wb.
Kalau dilihat dari tanggal update posting blog memang sudah lama. Semenjak liburan kuliah jarang update blog lagi, nah kini mulai aktif nulis insyaallah. Dimulai dari mata kuliah Analisis dan Desain Berbasis Objek aja ya. berikut ringkasan dari mata kuliah yang sudah aku jalani tadi pagi.

Analisis dan Desain Berbasis Objek atau bisa di singkat dengan ADBO adalah kelanjutan dari mata kuliah Pemrograman Berbasis Objek. Perbedaannya adalah PBO untuk impelementasi dan ADBO untuk Analis dan desain sebuah Perangkat lunak itu sendiri. Didalam pembuatan perangkat lunak sudah dikenal dengan proses pembuatannya yaitu System Development Life Cyrcle(SDLC). SDLC terdiri dari identifikasi dan pemilihan proyek, inisiasi dan perencanaan proyek, analisis, desain, implementasi, maintenance(perawatan).

Nah di dalam perkuliahan ADBO ini akan membahas dari analisis sistem dan desain sebuah perangkat lunak itu saja. Tidak lebih pada pembuatan program(implementasi). Didalam pembuatan proyek perangkat lunak terdapat banyak stakeholder yang ikut berperan dalam pengembangan sebuah proyek itu sendiri. antara lain adalah owner (orang yang membutuhkan PL), Product Manager (Orang yang sangat berperan dalam perencanaan dan suksesnya pembuatan program), System Analisis (orang yang bertugas menganalisis semua kebutuhan PL yang akan di buat), Architect Model (tidak hanya bangunan saja yang membutuhkan arsitek, PL juga hehehhe), Designer(orang yang bertugas merancang interface sebuah PL sehingga mudah dalam penggunaannya), Programming (Orang yang bertugas membuat sistem), User (pemakai terahir sebagai pelaksana dari PL yang sudah jadi) dan terahir adalah Servis analizer dan Network analizer (adalah orang yang memelihara PL bila ada error dan kekurangan akan kebutuhan di dalam PL itu sendiri)

Berikut adalah kompetensi dasar ADBO :
Rumusan Standar Kompetensi
Mahasiswa mampu memahami konsep dasar Desain berorientasi obyek

Rumusan kompetensi Dasar
a. Mahasiswa memiliki kemampuan untuk melakukan analisis sistem berbasis objek
b. Mahasiswa memiliki kemampuan untuk memahami dan membuat permodelan sistem berbasis objek
c. Mahasiswa memiliki kemampuan dalam memahami dan mendesain dengan menggunakan UML
d. Mahasiswa memiliki kemampuan untuk memahami konsep intermediate code
e. Mahasiswa memiliki kemampuan untuk memahami materi sematic analysis

Semoga ilmu yang di dapat pada hari ini bermanfaat bagi semua, Amiin....!

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by ThemeShift | Bloggerized by Lasantha - Free Blogger Templates | Best Web Hosting